Silabus PAI&BP Kelas 6 Semester 1

 Silabus PAI&BP Kelas 6 Semester 1

Silabus

 

Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam

Satuan Pendidikan      : SDN

Kelas / Semester         : VI/Ganjil

Tahun Pelajaran         : 2020 / 2021

Alokasi waktu             : 4 jam x 19 minggu - semester 1

A.     Kelas VI

Alokasi waktu 2 jam pelajaran/minggu

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Nilai Karakter

IPK

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Penilaian

1.1              Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil

2.1              Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka dan hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Kafirun,Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13

3.1              Memahami makna Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Ma’idah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

4.1.1        Membaca Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan jelas dan benar.

4.1.2        Menulis Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan benar.

4.1.3        Menunjukkan hafalanQ.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan benar

Indahnya Saling Menghormati

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

 

1.1.1        Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil dalam kehidupan sehari-hari

2.1.1        Memiliki sikap perilaku toleran,simpati, waspada, berbaik sangka dan hidup rukunsebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13

3.1.1        Menjelaskan makna Q.S. al-Kafirun dengan benar.

3.1.2        Menjelaskan arti Q.S. al-Kafirun dengan benar.

3.1.3        Menjelaskan makna Q.S. al-Maidah/5:2-3 dengan benar.

3.1.4        Menjelaskan arti Q.S. al-Maidah/5:2-3 dengan benar.

3.1.5        Menjelaskan makna al- Hujurat/49:12-13 dengan benar. 

3.1.6        Menjelaskan arti al- Hujurat/49:12-13 dengan benar

4.1.1.1  Membaca Q.S. al-Kafirun dengan jelas dan benar.

4.1.1.2  Membaca Q.S. al-Maidah/5:2-3 dengan jelas dan benar.

4.1.1.3  Membaca al- Hujurat/49:12-13 dengan jelas dan benar.

4.1.2.1  Menulis Q.S. al-Kafirun dengan benar.

4.1.2.2  Menulis Q.S. al-Maidah/5:2-3 dengan benar.

4.1.2.3  Menulis al- Hujurat/49:12-13 dengan benar.

4.1.3.1  Menghapalkan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan benar

4.1.3.2  Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi daripemahaman Q.S. al-Maidah/5:2-3

·         MembacaQ.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan memperhatikan  makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual

·         Membaca secara berulang-ulang sampai hafal Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan memperhatikan makhraj hurufnya

·         Mendemontrasikan hafalan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13, secara klasikal, kelompok atau individual

·         Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?, Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf

·         Diskusi tentang Q.S. al-Kafirun, Q.S. alMaidah/5:2-3 dan Q.S.al-Hujurat/49:12-13 secara kelompok

·         Diskusi tentang isi kandungan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 secara kelompok

·         Menulis Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan benar secara individu

·         Mencermati arti Q.S. al-Kafirun, Q.S. alMaidah/5:2-3 dan Q.S.al-Hujurat/49:12-13

·         Mencermati isi kandungan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13

·         Menyimpulkan kandungan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13

·         Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan  isi kandungan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:23 dan Q.S.al-Hujurat/49:12-13 secara kelompok

·         Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah)

·         Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

16 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·   Modul/bahan ajar,

·   Internet,

·   Sumber lain yang  relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.3  Meyakini adanya hari akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman

2.3  Menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir

3.3  Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

4.3  Menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

Ketika Bumi Berhenti Berputar

 

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

 

1.3.1        Menyadari adanya hari akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman.

1.3.1        Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir

3.3.1        Menjelaskan Makna Hari Akhir

3.3.2        Menjelaskan Macam-macam Hari Akhir

3.3.3        Mengidentifikasi Tanda-tanda Hari Akhir

3.3.4        Menganalisis Hikmah Mempercayai Hari Akhir

4.3.1        Mencontohkan hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

·         Menyimak penjelasan tentang hikmah beriman kepada hari akhir secara klasikal atau individual

·         Memotivasi siswa bertanya, misalnya: Apa hikmah beriman kepada hari akhir

·         Apa contoh prilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir

·         Diskusi tentang hikmah beriman pada hari akhi Menganalisis sikap yang mencerminkan iman kepada hari akhir

·         Mengidentifikasi hikmah-hikmah beriman pada hari akhir

·         Menyimpulkan hasil identifikasi (hikmah pada hari akhir)

·         Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah pada hari akhir

·         Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah)

·         Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

16 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·   Modul/bahan ajar,

·   Internet,

·   Sumber lain yang  relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

·       

1.2 Meyakini adanya Allah Swt. Tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan dan Maha Kekal.

2.2 

2.2  Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi.

3.2  Memahami makna al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi.

4.2  Membaca al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi

4.3.1 

Indahnya Nama-Nama Allah Swt

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

 

1.2.1         Meyakini adanya Allah Swt. Tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan dan Maha Kekal.

2.2.1 

2.2.1         Memiliki sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi.

3.2.1         Menjelaskan makna al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi

3.2.2         Memahami Sifat As-Samad

3.2.3         Memahami Sifat Al-Muqtadir

3.2.4         Memahami Sifat Al-Muqaddim

3.2.5         Memahami Sifat Al-Baqi

4.2.1         Melafalkan Nama-Nama Allah Swt. yang Indah dalam Kehidupan

 

·         Membaca buku teks tentang al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan AlBaqi

·         Mengamati tayangan tentang al-Asmau al-Husna:As-Samad,Al-Muqtadir,Al-Muqaddim, dan  Al-Baqi

·         Memotivasi siswa bertanya, berkaitan dengan al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi. Misalnya: mengapa kita harus memohon pertolongan kepada Allah Swt

·         Diskusi tentang al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi secara klasikal atau individual

·         Menujukkan bukti al-Asmau al-Husna: As-Samad,Al-Muqtadir,Al-Muqaddim,dan Al-Baqidalam kehidupan sehari-hari

·         Menganalisis  bukti al-Asmau al-Husna: AsSamad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqidalam kehidupan sehari-hari

·         Menyimpulkan bukti al-Asmau al-Husna: AsSamad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqidalam kehidupan sehari-hari

·         Menyampaikan hasil diskusi tentang arti al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi secara kelompok

·         Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah)

·         Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

8 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·   Modul/bahan ajar,

·   Internet,

·   Sumber lain yang  relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.7  Menjalankan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam

2.7  Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman  hikmahm zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam

3.7  Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam

4.7  Menunjukkan hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam

Ayo Membayar Zakat

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

 

1.7.1         Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam

1.7.2         Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maidah/5:2

1.7.3         Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maidah/5:2

2.7.1         Memiliki sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam.

3.7.1         Menjelaskan makna zakat

3.7.2         Menganalisis macam-macam zakat

3.7.3         Menjelaskan pengertian zakat fitrah

3.7.4         Menjelaskan pengertian zakat māl

3.7.5         Menganalisis orang yang berhak menerima zakat

3.7.6         Menjelaskan hikmah berzakat

3.7.7         Menjelaskan makna infak dan sedekah

3.7.8         Menjelaskan hikmah berinfak dan bersedekah

4.7.1         Melaksanakan zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam.

·         Menyimak hikmah zakat, infaq dan sedekah secara klasikal atau individual

·         memotivasi siswa bertanya, misalnya: Apa hikmah zakat, infaq dan sedekah

·         Diskusi tentang hikmah zakat, infaq dan sedekah

·         Mengidentifikasi hikmah zakat, infaq dan sedekah

·         Menyimpulkan hasil identifikasi hikmah zakat, infaq dan sedekah

·         Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah zakat, infaq dan sedekah

·         Menanggapi hasil presentasi atau diskusi  (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah)

·         Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

16 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·   Modul/bahan ajar,

·   Internet,

·   Sumber lain yang  relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.12     Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.

1.13     Meyakini kebenaran kisah sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

2.12     Menunjukkan sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.

2.13     Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

3.12     Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw

3.13     Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

4.12     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw

4.13     Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

Keteladanan Rasulullah sadan Sahabatnya

 

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

·          

1.12.1    Menyadari kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.

1.12.1    Menyadari kebenaran kisah sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

2.12.1    Memiliki sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.

3.12.1 Memiliki sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.

3.12.1    Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

3.12.2    Menganalisis Kejujuran dan Kasih Sayang Rasulullah saw.

3.12.3    Menjelaskan Kasih Sayang Rasulullah saw. terhadap Anak, Keluarga, Orang tua dan Masyarakat

3.12.4    Menjelaskan Kepedulian Rasulullah saw. terhadap Lingkungan

3.12.5    Menjelaskan Nabi Muhammad saw. sebagai Pembawa Rahmat bagi Alam Semesta

3.12.6    Menjelaskan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.

3.12.7    Menganalisis Kepemimpinan Sahabat Rasulullah saw.

3.12.8    Menjelaskan Kepemimpinan Abu Bakar

3.12.9    Menjelaskan Kepemimpinan Umar bin Khattab

3.12.10Menjelaskan Kepemimpinan Usman bin Affan

3.12.11Menjelaskan Kepemimpinan Ali bin Abi Thalib

4.12.1    Memaparkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

4.12.2    Menjalankan sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.

4.12.3    Memaparkan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.

·         Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

·         Mengamati isi kisah Nabi Muhammad saw. yangperlu  diteladani (diimplementasikan)

·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Muhammad saw.

·         Mengajukan pertanyaan tentang contohcontohsikap Nabi Muhammad saw. yang hendak diteladani

·         Secara kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Muhammad saw. (mengidentifikasi)

·         Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. 

·         Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

·         Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

·         Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

·         Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Muhammad saw. 

·         Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

16 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·   Modul/bahan ajar,

·   Internet,

·   Sumber lain yang  relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produ

 

 


Komentar

Postingan Populer