Silabus PAI&BP Kelas 6 Semester 1
Silabus PAI&BP Kelas 6 Semester 1
Silabus
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Satuan
Pendidikan : SDN
Kelas
/ Semester : VI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2020 / 2021
Alokasi waktu : 4 jam x 19 minggu - semester 1
A. Kelas VI
Alokasi
waktu 2 jam pelajaran/minggu
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Nilai Karakter |
IPK |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’an
dengan tartil 2.1
Menunjukkan perilaku toleran,
simpati, waspada, berbaik sangka dan hidup rukun sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. al-Kafirun,Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 3.1
Memahami makna Q.S. al-Kafirun,
Q.S. al-Ma’idah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar 4.1.1
Membaca
Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13
dengan jelas dan benar.
4.1.2
Menulis
Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13
dengan benar. 4.1.3
Menunjukkan hafalanQ.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan benar |
Indahnya Saling Menghormati |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif |
1.1.1
Terbiasa
membaca al-Qur’ān dengan tartil
dalam kehidupan sehari-hari 2.1.1
Memiliki sikap perilaku
toleran,simpati, waspada, berbaik sangka dan hidup rukunsebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3dan Q.S. al-
Hujurat/49:12-13 3.1.1
Menjelaskan makna Q.S. al-Kafirun dengan
benar. 3.1.2
Menjelaskan arti Q.S. al-Kafirun dengan
benar. 3.1.3
Menjelaskan makna Q.S. al-Maidah/5:2-3 dengan benar. 3.1.4
Menjelaskan arti Q.S. al-Maidah/5:2-3 dengan benar. 3.1.5
Menjelaskan makna al- Hujurat/49:12-13 dengan benar. 3.1.6
Menjelaskan arti al- Hujurat/49:12-13 dengan benar 4.1.1.1
Membaca Q.S. al-Kafirun dengan
jelas dan benar. 4.1.1.2
Membaca Q.S. al-Maidah/5:2-3 dengan jelas dan benar. 4.1.1.3
Membaca al- Hujurat/49:12-13 dengan
jelas dan benar. 4.1.2.1
Menulis Q.S. al-Kafirun dengan
benar. 4.1.2.2
Menulis Q.S. al-Maidah/5:2-3 dengan benar. 4.1.2.3
Menulis al- Hujurat/49:12-13 dengan
benar. 4.1.3.1
Menghapalkan
Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3
dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan benar 4.1.3.2 Mencontohkan
perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi daripemahaman Q.S. al-Maidah/5:2-3 |
·
MembacaQ.S. al-Kafirun, Q.S.
al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan memperhatikan makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok
atau individual ·
Membaca secara berulang-ulang
sampai hafal Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13
dengan memperhatikan makhraj hurufnya ·
Mendemontrasikan hafalan Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13, secara
klasikal, kelompok atau individual ·
Memotivasi siswa bertanya,
misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?,
Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf ·
Diskusi tentang Q.S.
al-Kafirun, Q.S. alMaidah/5:2-3 dan Q.S.al-Hujurat/49:12-13 secara kelompok ·
Diskusi tentang isi kandungan
Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 secara
kelompok ·
Menulis Q.S. al-Kafirun, Q.S.
al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan benar secara individu ·
Mencermati arti Q.S.
al-Kafirun, Q.S. alMaidah/5:2-3 dan Q.S.al-Hujurat/49:12-13 ·
Mencermati isi kandungan Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 ·
Menyimpulkan kandungan Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 ·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang arti dan isi kandungan Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:23 dan Q.S.al-Hujurat/49:12-13 secara kelompok ·
Menanggapi hasil presentasi
atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat resume dibantu dan
dibimbing guru |
16 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
· Lisan · Tertulis · Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk Kerja ·
Proyek ·
Praktik ·
Produk |
1.3 Meyakini adanya hari akhir sebagai
implementasi dari pemahaman Rukun Iman 2.3 Menunjukkan perilaku rendah hati yang
mencerminkan iman kepada hari akhir 3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir
yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia 4.3 Menunjukkan contoh
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia |
Ketika Bumi Berhenti Berputar |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif |
1.3.1
Menyadari
adanya hari akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman. 1.3.1
Memiliki
perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir 3.3.1
Menjelaskan
Makna Hari Akhir 3.3.2
Menjelaskan
Macam-macam Hari Akhir 3.3.3
Mengidentifikasi
Tanda-tanda Hari Akhir 3.3.4
Menganalisis
Hikmah Mempercayai Hari Akhir 4.3.1
Mencontohkan
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia |
·
Menyimak penjelasan tentang
hikmah beriman kepada hari akhir secara klasikal atau individual ·
Memotivasi siswa bertanya,
misalnya: Apa hikmah beriman kepada hari akhir ·
Apa contoh prilaku yang
mencerminkan iman kepada hari akhir ·
Diskusi tentang hikmah beriman
pada hari akhi Menganalisis sikap yang mencerminkan iman kepada hari akhir ·
Mengidentifikasi hikmah-hikmah
beriman pada hari akhir ·
Menyimpulkan hasil identifikasi
(hikmah pada hari akhir) ·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang hikmah pada hari akhir ·
Menanggapi hasil presentasi
atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat resume dibantu dan
dibimbing guru |
16 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
· Lisan · Tertulis · Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk Kerja ·
Proyek ·
Praktik · Produk |
· |
|||||||
Meyakini adanya Allah Swt. Tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan dan Maha Kekal. 2.2 2.2 Menunjukkan sikap peduli sebagai
implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi. 3.2 Memahami makna al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi. Membaca al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi 4.3.1 |
Indahnya Nama-Nama Allah Swt |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif |
Meyakini adanya Allah Swt. Tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan dan Maha Kekal. 2.2.1 2.2.1
Memiliki sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi. 3.2.1
Menjelaskan
makna al-Asmau al-Husna: As-Samad,
Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan
Al-Baqi 3.2.2
Memahami Sifat As-Samad 3.2.3
Memahami Sifat Al-Muqtadir 3.2.4
Memahami Sifat Al-Muqaddim 3.2.5
Memahami Sifat Al-Baqi 4.2.1
Melafalkan Nama-Nama Allah Swt.
yang Indah dalam Kehidupan |
·
Membaca buku teks tentang al-Asmau
al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan AlBaqi ·
Mengamati tayangan tentang
al-Asmau al-Husna:As-Samad,Al-Muqtadir,Al-Muqaddim, dan Al-Baqi ·
Memotivasi siswa bertanya,
berkaitan dengan al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan
Al-Baqi. Misalnya: mengapa kita harus memohon pertolongan kepada Allah Swt ·
Diskusi tentang al-Asmau
al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi secara klasikal
atau individual ·
Menujukkan bukti al-Asmau
al-Husna: As-Samad,Al-Muqtadir,Al-Muqaddim,dan Al-Baqidalam kehidupan
sehari-hari ·
Menganalisis bukti al-Asmau al-Husna: AsSamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqidalam kehidupan sehari-hari ·
Menyimpulkan bukti al-Asmau
al-Husna: AsSamad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqidalam kehidupan
sehari-hari ·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang arti al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan
Al-Baqi secara kelompok ·
Menanggapi hasil presentasi
atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat resume dibantu dan dibimbing
guru |
8 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
· Lisan · Tertulis · Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk Kerja ·
Proyek ·
Praktik · Produk |
1.7 Menjalankan kewajiban berzakat sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam 2.7 Menunjukkan sikap peduli sebagai
implementasi dari pemahaman hikmahm
zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam 3.7 Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah
sebagai implementasi dari rukun Islam 4.7 Menunjukkan hikmah
zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam |
Ayo
Membayar Zakat |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif |
1.7.1
Menunaikan
kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam 1.7.2
Terbiasa
berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maidah/5:2 1.7.3
Terbiasa
bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maidah/5:2 2.7.1
Memiliki sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman hikmah
zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam. 3.7.1
Menjelaskan
makna zakat 3.7.2
Menganalisis
macam-macam zakat 3.7.3
Menjelaskan
pengertian zakat fitrah 3.7.4
Menjelaskan
pengertian zakat māl 3.7.5
Menganalisis
orang yang berhak menerima zakat 3.7.6
Menjelaskan
hikmah berzakat 3.7.7
Menjelaskan
makna infak dan sedekah 3.7.8
Menjelaskan
hikmah berinfak dan bersedekah 4.7.1
Melaksanakan
zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam. |
·
Menyimak hikmah zakat, infaq
dan sedekah secara klasikal atau individual ·
memotivasi siswa bertanya,
misalnya: Apa hikmah zakat, infaq dan sedekah ·
Diskusi tentang hikmah zakat,
infaq dan sedekah ·
Mengidentifikasi hikmah zakat,
infaq dan sedekah ·
Menyimpulkan hasil identifikasi
hikmah zakat, infaq dan sedekah ·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang hikmah zakat, infaq dan sedekah ·
Menanggapi hasil presentasi
atau diskusi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat resume dibantu dan
dibimbing guru |
16 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
· Lisan · Tertulis · Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk Kerja ·
Proyek ·
Praktik · Produk |
1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. 1.13 Meyakini kebenaran kisah sahabat-sahabat
Nabi Muhammad saw 2.12 Menunjukkan sikap semangat dalam belajar
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw. 2.13 Menunjukkan sikap
peduli sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat
Nabi Muhammad saw 3.12 Memahami kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw 3.13 Memahami kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw 4.12 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw 4.13 Menceritakan kisah
keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw |
Keteladanan
Rasulullah sadan Sahabatnya |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif ·
|
1.12.1
Menyadari
kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. 1.12.1
Menyadari
kebenaran kisah sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw 2.12.1
Memiliki sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw. 3.12.1 Memiliki sikap peduli
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi
Muhammad saw. 3.12.1 Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. 3.12.2 Menganalisis Kejujuran dan Kasih Sayang Rasulullah saw. 3.12.3 Menjelaskan Kasih Sayang Rasulullah saw. terhadap Anak, Keluarga,
Orang tua dan Masyarakat 3.12.4 Menjelaskan Kepedulian Rasulullah saw. terhadap Lingkungan 3.12.5 Menjelaskan Nabi Muhammad saw. sebagai Pembawa Rahmat bagi Alam
Semesta 3.12.6 Menjelaskan kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. 3.12.7 Menganalisis Kepemimpinan Sahabat Rasulullah saw. 3.12.8 Menjelaskan Kepemimpinan Abu Bakar 3.12.9 Menjelaskan Kepemimpinan Umar bin Khattab 3.12.10Menjelaskan Kepemimpinan Usman bin Affan 3.12.11Menjelaskan Kepemimpinan Ali bin Abi Thalib 4.12.1 Memaparkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. 4.12.2 Menjalankan sikap semangat dalam belajar
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw. 4.12.3 Memaparkan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi
Muhammad saw. ·
Mengamati isi kisah Nabi
Muhammad saw. yangperlu diteladani
(diimplementasikan) ·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Muhammad saw. ·
Mengajukan pertanyaan tentang
contohcontohsikap Nabi Muhammad saw. yang hendak diteladani ·
Secara kelompok kecil
mendiskusikankisah keteladanan Nabi Muhammad saw. (mengidentifikasi) ·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. ·
Menguhubungkan pelajaran
tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw. dengan perilaku warga sekolah
sehari-hari ·
Menguhubungkan pelajaran
tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw. dengan perilaku warga sekolah
sehari-hari ·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. ·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari
terkait dengan sikap teladan Nabi Muhammad saw. ·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru |
16 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
· Lisan · Tertulis · Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk Kerja ·
Proyek ·
Praktik · Produ |
Komentar
Posting Komentar