Materi : PAI KLS 6 semester 1

silahkan hubungi link Mang Ajumhttps://www.blogger.com/blog/post/edit/3802610287997890176/4444831608042521399link doanload kenangan catang1

 Beriman Kepada Hari Akhir

    
    Dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi musibah yang menimpa seseorang atau kelompok masyarakat baik berupa bencana alam maupun non bencana alam. Di antara musibah ada yang berupa gunung meletus, banjir bandang, tanah longsor dan yang sekarang sedang kita alami yaitu musibah berupa pandemi yang diakibatkan oleh virus Covid-19.

    Gunung meletus, banjir bandang, tanah longsor dan yang sekarang sedang kita alami yaitu musibah berupa pandemi yang diakibatkan oleh virus Covid-19merupakan bagian dari kiamat yang disebut kiamat kecil atau kiamat sughro. Sedangkan kiamat yang sebenarnya yaitu hancurnya seluruh alam dengan sehancur-hancurnya disebut kiamat besar atau kiamat besar. Setelah kiamata besar ini terjadi dunia tidak lagi berputar sehingga hari pun tidak akan berganti kembali dan tidak akan ada hari lain setelah hari tersebut sehingga hari kiamat disebut hari akhir.

    Beriman kepada hari akhir atau hari kiamat termasuk rukun iman yang kelima.Dan barang siapa yang tidak meyakini bahwa hari akhir atau hari kiamat pasti akan terjadi berarti termasuk bukan orang yang beriman.

a. Makna Hari Akhir

    Hari kiamat adalah hari hancurnya alam raya beserta seluruh isinya. Hari kiamat terjadi setelah malaikat Israfil meniupkan sangkakala karena diperintahkan Allah swt.Sedangkan hari akhir artinya hari yang terakhir dari kehidupan dunia tiada lagi hari yang lainnya setelah hari itu terjadi.

    Hari kiamat manusia berhamburan bagaikan anai-anai,Pada hari kiamat bumi digoncangkan dengan goncangan yang sangat dahsyat.Silahkan baca QS. al-Qori'ah dan QS.al Jalzalah!

    Peristiwa atau kejadian yang terjadi pada hari kiamat terdiri dari rangkaian peristiwa yang akan dialami oleh manusia sehingga hari kiamat memiliki beberapa nama sesuai peristiwa yang menyertainya.Peristiwa-peristiwa itu di antaranya adalah:

1. Hari manusi dibangkitkan dari alam kuburnya ( Yaumul Ba'tsi)

2. Hari manusia dikumpulkan ditempat yang sangat luas/padang mahsyar(Yaumul Mahsyar)

3. Hari penimbangan terhadap amal manusia (Yaumul Mizan)

4. Hari penghitungan amal manusia (Yaumul Hisab)

5. Hari pembalasan terhadap amal manusi(Yaumul Jaza)

6. Hari terjadinya goncangan yang sangat dahsyat (Yaumul Jalzalah), dsb.

b. Tanda-Tanda Hari Kiamat/Hari Akhir

    Tidak ada yang tahu kapan hari kiamat itu akan datang, dan yang tahu datangnya hari kiamat hanyalah Allah swt.Walaupun demikian Rasulullah saw. telah mengisyaratkan tentang tanda-tanda hari kiamat akan datang.Dan di antara tanda-tanda hari kiamat akan datang di antaranya adalah:

1. Banyak ulama yang wafat,

2. Ilmu agama dianggap tidak penting,

3. Maksiat makin terang-terangan dan kejahatan merajalela,

4. Banyak laki-laki berperilaku seperti perempuan, dan begitu pulaseabliknya,

5. Banyak peperangan dan kerusuhan di muka bumi

6. Minuman keras  dan tindak kejahatan merajalela,

7. Munculnya orang-orang yang mengaku sebagai nabi(nabi palsu)

c. Hikmah Mempercayai Hari Akhir

    Setelah mengetahu makna dan peristiwa hari akhir beserta tanda-tandanya, maka kita akan mendapat hikmah-hikmahnya antara lain:

1. Akan semakin yakin akan bebesaran dan kekuasaan Allah,

2. Akan bertambah semangat dalam mengerjakan amal kebaikan,

3. akan menghindari pekerjaan yang dilarang Allah swt.

4. akan bersikap disiplin, jujur, dan bertanggung jawab,

5. Selalu waspada dan menjaga lingkungan sekitar,

6. Tidak menunda-nunda melakukan amal kebajikan, seperti shalat lima waktu, mengerjakan PR, dsb.

Komentar

Postingan Populer