RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN Panunggulan 3
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas
/Semester : VI/Ganjil
Materi Pokok : Ketika Bumi Berhenti Berputar
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi
Waktu : 4 JP (1 Pertemuan)
A.
Kompetensi inti
1.
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.v
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1.3 Meyakini adanya hari akhir sebagai
implementasi dari pemahaman Rukun Iman
|
1.1.1
Menyadari adanya hari akhir sebagai implementasi dari
pemahaman Rukun Iman.
|
2.3 Menunjukkan perilaku rendah hati yang
mencerminkan iman kepada hari akhir
|
1.3.1
Memiliki
perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
|
3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir
yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
3.3.1
Menjelaskan Makna Hari Akhir
3.3.2
Menjelaskan Macam-macam Hari Akhir
3.3.3
Mengidentifikasi Tanda-tanda Hari Akhir
3.3.4
Menganalisis Hikmah Mempercayai Hari Akhir
|
4.3 Menunjukkan contoh
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
4.3.1
Mencontohkan
hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 35menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi(Menunjukkan sikap disiplin sebelum
memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianut (Karakter) serta membiasakan
membaca dan memaknai isi dalam doa (Literasi))
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Peserta didik mengucapkan salam khas sekolah.
v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi
serta kebersihan kelas.
v
Peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan
bahan untuk mengikuti pelajaran.
v Sebelum memulai pelajaran, guru
mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru
juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu yang sesuai dengan tema
pelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø Pendidikan Agama Islam.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø
Makna Hari Akhir
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
v
Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang Perburuan Mutiara dari Timuruntuk mengecek penguasaan awal kompetensi yang
sudah dimilikisiswa.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
(literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
(Karakter)
pada topic
Ø Makna Hari Akhir
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
(literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
(Karakter)
Menayangkan gambar/foto/tabel
berikut ini
Ø Guru
menayangkan gambar Mengenai Materi Makna Hari Akhir Untuk gambar ini dapat
dilihat pada Buku Siswa.
v Mengamati(Berpikir kritis dan kreatif (4C),
tangguh dalam menyelesaikan masalah serta berani mengemukakan pendapat
dengan rasa percaya diri (Karakter); mampu membaca permasalahan serta
mengaitkannya dengan konsep yang akan dipelajari (Literasi))
Peserta didik bersama
kelompoknya melakukan pengamatandari
permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan materi
v Membaca (dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), Literasi
materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
v Mendengar
pemberian materi oleh guru
yang berkaitan dengan
Ø Makna Hari
Akhir
v Menyimak,Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati
permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang
menyerah (Karakter)
penjelasan pengantar
kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Ø Makna Hari
Akhir
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
MenanyaNilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah
v Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang
disajikan oleh gurudisajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar (Berpikir kritis dan kreatif (4C),
tangguh dalam menyelesaikan masalah serta berani mengemukakan pendapat
dengan rasa percaya diri (Karakter); mampu membaca permasalahan serta
mengaitkannya dengan konsep yang akan dipelajari (Literasi)
v Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan
dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi,
guru memberika nkonfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.(Pembelajaran HOTS)
v Peserta didik diminta mendiskusikan hasil
pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil
pengamatan yang ada pada buku paket;Berpikir
kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab
dan kerja sama yang tingi (Karakter)
v Pendidik
memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama
kelompoknya;
v Mengajukan pertanyaan(Kritis dan kreatif, serta berani
mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah,
jujur dan percaya diri)
tentang :
Ø Makna Hari
Akhir
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :Kemampuan berfikir tingkat tinggi
(HOTS).
Ø Jelaskan
Makna Dari Hari Akhir
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi(Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam
kelompok (4C), dengan rasa ingin
tahu, tanggung jawab dan pantang
menyerah (Karakter),literasi (membaca)
v Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
v Peserta
didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD).
v Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan
mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk
menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan
sikap memiliki rasa percayadiri, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama (menalar dan mencoba).
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
Peserta
didik difasilitasi untuk memperoleh dan mendapatkan banyak informasi dari
berbagai literatur/bahan bacaan dan media belajar lainnya terkait materi
Ø Makna Hari
Akhir
v Membaca sumber lain selain
buku teks, (Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan
pembiasaan membaca berbagai sumber referensi (Literasi) agar dapat menjawab
tantangan permasalahan dengan rasa ingin tahu dan pantang menyerah
(Karakter))
Peserta didik diminta
mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
Ø Makna Hari
Akhir
v Mengumpulkan informasi (Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan pembiasaan
membaca berbagai sumber referensi (Literasi) agar dapat menjawab tantangan
permasalahan dengan rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter))
Peserta didik mencari bahan
referensi dari buku paket maupun internet untuk dapat menjawab permasalahan
yang berkaitan dengan
Ø Makna Hari
Akhir
v AktivitasMengembangkan kemampuan berpikir
kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
Tugas
:
Ø Makna Hari
Akhir
v MendiskusikanBerpikir
kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C),
dengan rasa ingin tahu dan pantang
menyerah (Karakter)
Ø Peserta
didik diminta untuk membentuk kelompok
Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan
informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok:
Ø Peserta didik
secara berkelompok kembali mencermati ulasan ten makna Hari Akhir beserta
Q.S. al-Qori’ah yang menyertainya
Ø Peserta
didik secara berkelompok kembali mencermati ulasan singkat tentang bencana
alam berupa gunung meletus yang memuntahkan awan panas dan keterkaitannya
dengan Hari Akhir
Ø peserta
didik diminta untuk mengamati gambar/ilustrasi tentang bencana alam yang
terjadi serta keterkaitannya dengan materi yang akan dipelajari
v Mempraktikan
Ø Makna Hari
Akhir
v Saling tukar informasi
tentang :
Ø Makna Hari
Akhir
dengan ditanggapi aktif
oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad
21
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengansikappenuhpercayadiridankomunikatif
sedangkan kelompok lainnya menanggapi.
v Pendidik
mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok
serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir
kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)
v Berdiskusi tentang :
Ø Makna Hari
Akhir
v Selama
peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan
mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila
ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa
ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang
belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara
klasikal.
Ø Peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama (4C)
dalam menyampaikan hasil gagasan/ ide-ide (Karakter), serta membiasakan
menuliskan hasil kerja pada media sederhana (Literasi) Berpikir kritis,
bekerjasama dan mampu berkomunikasi) hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang :
Ø Makna Hari
Akhir
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan(Berpikir kritis dan bekerjasama
(4C) dalam menyusun kesimpulan yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi)
dengan rasa ingin tahu dan percaya diri (Karakter)tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Makna Hari
Akhir
v Menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik melakukan refleksi
dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
v Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Evaluasi/ tes akhir (Berpikir kritis dan kreatif
(4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab yang tingi
(Karakter))
berkaitan
dengan
Ø Makna Hari
Akhir
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Ø Makna Hari
Akhir
|
|
85
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang
diberikan (Karakter)
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
- Beberapa peserta didik diminta untuk mengungkapkan
manfaat mengetahui Berkomunikasi,
berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan rasa pecaya diri (Karakter) dan
berani mengemukakan pendapat (Literasi)
tentang
Ø
Makna Hari Akhir
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baikPenguatan
Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.Membiasakan
sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan
(Karakter)
Ø
Jelaskan Makna Dari Hari Akhir
- Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat
ketercapaian indikator.Menunjukkan
sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab selama pelaksanaan penilaian
(Karakter)
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
- Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan
ajaran agama yang dibuat (Karakter)
|
10
menit
|
Komentar
Posting Komentar