RPP: PAI&BP Kelas6 semester1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan     : SDN Panunggulan 3

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Kelas /Semester          : VI/Ganjil

Materi Pokok              : Ketika Bumi Berhenti Berputar

Tahun Pelajaran         : 2019 / 2020

Alokasi Waktu            : 4 JP (1 Pertemuan)

 

 

A.     Kompetensi inti

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.v

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1.3  Meyakini adanya hari akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman

1.1.1        Menyadari adanya hari akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman.

2.3  Menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir

1.3.1        Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir

3.3  Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

3.3.1        Menjelaskan Makna Hari Akhir

3.3.2        Menjelaskan Macam-macam Hari Akhir

3.3.3        Mengidentifikasi Tanda-tanda Hari Akhir

3.3.4        Menganalisis Hikmah Mempercayai Hari Akhir

4.3  Menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

4.3.1        Mencontohkan hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

B. 

     Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 35menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi(Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut  (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai isi dalam doa (Literasi))

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Peserta didik mengucapkan salam khas sekolah.

v  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan  mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi serta kebersihan kelas.

v  Peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.

v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu yang sesuai dengan tema pelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

Ø  Pendidikan Agama Islam.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

Ø  Makna Hari Akhir

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

v  Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang Perburuan Mutiara dari Timuruntuk mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilikisiswa.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

pada topic

Ø  Makna Hari Akhir

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

Ø  Guru menayangkan gambar Mengenai Materi Makna Hari Akhir Untuk gambar ini dapat dilihat pada Buku Siswa.

 

 

 

v  Mengamati(Berpikir kritis dan kreatif (4C), tangguh dalam menyelesaikan masalah serta berani mengemukakan pendapat dengan rasa percaya diri (Karakter); mampu membaca permasalahan serta mengaitkannya dengan konsep yang akan dipelajari (Literasi))

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatandari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan materi

 

 

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), Literasi

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

 

 

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

Ø  Makna Hari Akhir

v  Menyimak,Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

Ø  Makna Hari Akhir

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

MenanyaNilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh gurudisajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar (Berpikir kritis dan kreatif (4C), tangguh dalam menyelesaikan masalah serta berani mengemukakan pendapat dengan rasa percaya diri (Karakter); mampu membaca permasalahan serta mengaitkannya dengan konsep yang akan dipelajari (Literasi)

v  Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberika nkonfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.(Pembelajaran HOTS)

v  Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket;Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kerja sama yang tingi (Karakter)

v  Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya;

v  Mengajukan pertanyaan(Kritis dan kreatif, serta berani mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah, jujur dan percaya diri)

tentang :

Ø  Makna Hari Akhir

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :Kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS).

Ø  Jelaskan Makna Dari Hari Akhir

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi(Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu, tanggung jawab  dan pantang menyerah (Karakter),literasi (membaca)

v  Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.

v  Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan sikap memiliki rasa percayadiri, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama (menalar dan mencoba).

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

Peserta didik difasilitasi untuk memperoleh dan mendapatkan banyak informasi dari berbagai literatur/bahan bacaan dan media belajar lainnya terkait materi

Ø  Makna Hari Akhir

v  Membaca sumber lain selain buku teks, (Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan pembiasaan membaca berbagai sumber referensi (Literasi) agar dapat menjawab tantangan permasalahan dengan rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter))

Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang

Ø  Makna Hari Akhir

v  Mengumpulkan informasi (Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan pembiasaan membaca berbagai sumber referensi (Literasi) agar dapat menjawab tantangan permasalahan dengan rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter))

Peserta didik mencari bahan referensi dari buku paket maupun internet untuk dapat menjawab permasalahan yang berkaitan dengan

Ø  Makna Hari Akhir

v  AktivitasMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)

Tugas :

Ø  Makna Hari Akhir

v  MendiskusikanBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)

Ø  Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok  Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok:

Ø  Peserta didik secara berkelompok kembali mencermati ulasan ten makna Hari Akhir beserta Q.S. al-Qori’ah yang menyertainya

Ø  Peserta didik secara berkelompok kembali mencermati ulasan singkat tentang bencana alam berupa gunung meletus yang memuntahkan awan panas dan keterkaitannya dengan Hari Akhir

Ø  peserta didik diminta untuk mengamati gambar/ilustrasi tentang bencana alam yang terjadi serta keterkaitannya dengan materi yang akan dipelajari

v  Mempraktikan

Ø  Makna Hari Akhir

v  Saling tukar informasi tentang  :

Ø  Makna Hari Akhir

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21

Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengansikappenuhpercayadiridankomunikatif sedangkan kelompok lainnya menanggapi.

v  Pendidik mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)

v  Berdiskusi tentang :

Ø  Makna Hari Akhir

v  Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara klasikal.

Ø  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama (4C) dalam menyampaikan hasil gagasan/ ide-ide (Karakter), serta membiasakan menuliskan hasil kerja pada media sederhana (Literasi) Berpikir kritis, bekerjasama dan mampu berkomunikasi) hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

Ø  Makna Hari Akhir

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam menyusun kesimpulan yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi) dengan rasa ingin tahu dan percaya diri (Karakter)tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

Ø  Makna Hari Akhir

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Evaluasi/ tes akhir (Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab yang tingi (Karakter))

berkaitan dengan

Ø  Makna Hari Akhir

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

Ø  Makna Hari Akhir

85

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  • Beberapa peserta didik diminta untuk mengungkapkan manfaat mengetahui Berkomunikasi, berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan rasa pecaya diri (Karakter) dan berani mengemukakan pendapat (Literasi)

tentang

Ø  Makna Hari Akhir

 

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baikPenguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)

Ø  Jelaskan Makna Dari Hari Akhir

  • Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator.Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab selama pelaksanaan penilaian (Karakter)
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan ajaran agama yang dibuat (Karakter)

10

menit

 


Komentar

Postingan Populer